Gay Indonesia
http://gayindonesia.net
Tempat utk berbagi dan berdiskusi, persahabatan, teman dan cinta gay Indonesia



Sekarang ini Jum Sep 20, 2019 10:17 am

Waktu dalam UTC + 7 jam




Postkan topik baru Balas ke topik  [ 16 post ] 
Pengarang Pesan
 Subjek post: LGBT & Indonesia
PostDipost: Rab Sep 14, 2011 7:37 pm 
Offline
Virgin & Newbie
Virgin & Newbie
Avatar user

Bergabung: Jum Jul 22, 2011 10:17 pm
Post: 27
Lokasi: Surabaya
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
SEPUTAR KAUM LGBT INDONESIA
Oleh: Peter Phwan

Tom Boellstorff adalah Associate Professor di Departemen Antropologi dari University of California Irvine. Beliau merupakan Editor Utama di American Anthropologist, sebuah jurnal Asosiasi Anthropolog Amerika. Anthropolog sosial ini juga menulis dua buku seputar LGBT (lesbian, gay, bisex, transgender) di Indonesia. Yakni, “The Gay Archipelago” dan “A Coincidence of Desires”. Di salah satu bab buku “Speaking in Queer Tongues”, beliau membahas sekitar bahasa gay di Indonesia.

Berikut penggalan wawancara Kabari dengan Prof. Boellstorff :

Bagaimana awal mulanya anda tertarik dengan isu LGBT di Indonesia?

Saya mulai tertarik dengan isu LGBT di Indonesia sejak tahun 1992. Waktu itu, saya berkesempatan tinggal di Malaysia selama dua bulan dan di Indonesia selama tiga bulan. Ini dalam rangka sebagai konsultan program pencegahan HIV/AIDS di dua negara itu. Waktu itu, walaupun saya masih 23 tahun tapi sudah bekerja di salah satu LSM pencegahan HIV/AIDS di Amerika (The Institute for Community Health Outreach). Malaysia dan Indonesia, dua-duanya sangat menarik. Tetapi saya akhirnya lebih tertarik dengan Indonesia, mungkin karena negara yang sangat besar dan beraneka ragam, seperti AS. Dan karena saya sendiri seorang gay, saya mencari orang LGBT sebagai teman untuk berbagi pengalaman. Sehingga saya menjadi sangat tertarik dengan jalan hidup teman-teman LGBT saya di Indonesia.

Karena buku anda tadi ditulis dalam Bahasa Inggris, banyak pembaca berbahasa Indonesia belum tahu isinya. Apa yang anda maksudkan sebagai “Kepulauan Gay” di negara kepulauan berpenduduk muslim terbesar di dunia?

Memang, sampai sekarang dua buku saya hanya ada dalam bahasa Inggris. Yang pertama, “The Gay Archipelago,” sudah diterjemahkan dan saya sedang mencari penerbit di Indonesia. Semoga pada suata hari diterbitkan di sana.

Kalau masalah istilah “Nusantara Gay,” tidak sulit untuk menjelaskan. Di awal buku “The Gay Archipelago” (yang memang patut diterjemahkan sebagai “Nusantara Gay,”), saya menjelaskan bahwa bukan maksud saya bahwa semua orang Indonesia adalah gay! Jelas itu salah. Ingatlah bahwa organisasi gay pertama dan tertua di Indonesia adalah “GAYa Nusantara”. Sejak awalnya ini diasosiasikan dengan nama Dede Oetomo. Padahal, banyak orang lain yang bergabung dengan organisasi itu. Dengan sengaja, mereka memakai huruf besar supaya “gaya” (yaitu “cara” atau “style” kalau bahasa Inggris) ada arti kedua, “gay.” Sehingga saya mendapat konsep “Nusantara Gay” dari mereka.

Tetapi konsep “Nusantara Gay” juga cocok untuk mengerti kehidupan gay dan lesbi di Indonesia. Di Indonesia ada kelompok gay dan lesbi. Kadang-kadang informal (misalnya, beberapa teman yang terbiasa berkumpul di salah satu salon). Kadang-kadang sedikit lebih formal (salah satu LSM, contohnya). Kelompok-kelompok seperti itu ada di seluruh Indonesia, tetapi sering tersendiri di daerahnya karena diskriminasi.

Secara keseluruhan, kelompok-kelompok tersebut seperti salah satu “nusantara” kelompok-kelompok gay dan lesbi. Lihat saja bagaimana jarang ada orang yang mengatakan “saya orang gay Bali” atau “saya orang Jawa lesbi.” Selama saya melakukan penelitan saya, yang paling sering terjadi adalah orang mengatakan “saya orang gay Indonesia” atau “saya orang lesbi Indonesia.” Konsep-konsep “gay” dan “lesbi” agak baru dan tidak diambil dari adat atau orang tua. Mereka diambil dari media massa yang nota bene sudah lama terhubung dengan nasional. Sehingga secara singkat, maksud “Nusantara Gay” adalah bahwa ada semacam konstelasi atau jaringan kelompok-kelompok gay dan lesbi di dalam nusantara Indonesia, yang terdiri dari orang yang warga Indonesia.

Karena waria lebih diakui, kehidupan mereka agak lain, walaupun terkait dengan kehidupan gay dan lesbi. Di buku kedua saya, “A Coincidence of Desires,” ada bab yang terfokus pada masalah kehidupan waria.

Menurut anda, bagaimana situasi kaum LGBT di Indonesia dewasa ini ?

Situasi LGBT di Indonesia memang sulit sampai sekarang, tapi berbeda kalau waria dibandingkan gay, lesbi, dan tomboy (orang perempuan yang menjadi laki-laki). Di Indonesia, keadaan waria sangat diakui. Inilah ada gunanya untuk kaum waria, karena mereka pada umumnya tidak merahasiakan keadaannya sebagai waria. Tetapi, waria masih mendapat banyak stigmatisasi di Indonesia. Ada yang dibuang keluarganya, ada yang sulit dapat pekerjaan, ada juga yang dibunuh. Ada juga waria yang diterima oleh keluarganya dan dapat pekerjaan, sehingga ada yang menjadi terkenal di dunia entertainment di Indonesia.

Kalau gay, lesbi, tomboy, situasinya lain. Mereka pada umumnya belum membuka diri kepada keluarga atau masyarakat, dan kebanyakan kawin dengan lain jenis (yaitu, secara heteroseksual).

Menurut penelitian saya, tantangan/kesulitan kaum LGBT tergantung pada kehidupan orang masing-masing. Tetapi yang paling sering muncul adalah: (1) masalah tekanan kawin dari keluarga, (2) masalah kawin, kalau sudah kawin, (3) masalah merasa kesendirian, (4) masalah merasa dosa. Kalau masalah kawin, kompleks memang. Karena ada cukup banyak orang gay, lesbi, dan tomboy yang justru mau kawin dengan lain jenis karena dianggap keharusan agama, norma keluarga, dll. Tetapi, mereka juga sulit kawin dan masih mau berpacaran (nota bene, cinta dan bukan hanya s3ks saja) dengan sesama jenis.

Kalau masalah hal-hal positif agar kaum LGBT lebih bisa diterima dalam masyarakat Indonesia, saya merasa pertanyaan harus dibalikkan. Mereka sendiri sebetulnya “masyarakat Indonesia” juga, kan? Sehingga apa yang masyarakat heteroseks Indonesia dapat perbuat secara positif sehingga kaum gay, lesbi, dan tomboy dapat lebih terbuka? Mereka sudah banyak hal-hal positif, tetapi orang lain belum mengerti bahwa hal-hal itu dilakukan oleh kaum gay, lesbi, dan tomboy. Semua orang punya hak untuk hidup sesuasi dengan keadaan mereka. Saya tahu, di Indonesia banyak debat dengan agama, khususnya Islam (tetapi agama lain juga), dan homoseksualitas. Saya bukan ahli agama. Sebagai orang anthropologi, saya hanya tahu bahwa ada orang beragama yang taat dan pintar yang menerima keadaan LGBT, yang berpendapatan bahwa homoseksualitas bukan dosa. Ada juga yang merasa LGBT itu dosa. Tetapi sebagai warga Indonesia, orang Indonesia yang LGBT berhak mendapat toleransi.

Kasus pembunuhan berantai oleh Ryan mengakibatkan homophobia dan stigmasisasi terhadap kaum LGBT di Indonesia. Apa komentar anda?

Apa kasus Ryan kasus pertama pembunuh berantai di Indonesia? Tidak. Apa pernah ada pembunuh berantai sebelum Ryan? Ya. Apakah kebanyakan pembunuh berantai di Indonesia orang heteroseksual (“normal”)? Ya. Apakah setiap kali ada pembunuh berantai heteroseksual, “pakar” medis dan sosial Indonesia masuk media massa untuk mengatakan bahwa heteroseksual itu adalah jenis nafsu yang berakibat orang menjadi pembunuh berantai? Tidak.

Di sinilah kita lihat dengan sangat jelas masalah diskriminasi. Kalau orang heteroseksual menjadi pembunuh berantai, bukan seksualitasnya yang dikambinghitamkan. Dia dinilai secara perorangan, sebagai orang yang justru jahat dan harus ditangkap dan dihukum. Tetapi, kalau orang homoseksual menjadi pembunuh berantai, lebih daripada itu yang terjadi. Memang dia orang jahat yang harus ditangkap dan dihukum. Tetapi seksualitasnya dikambinghitamkan sehingga semua orang homoseksual dikambinghitamkan. Seakan-akan kita harus curiga kepada semua orang homoseksual, seakan-akan semua orang homoseksual jahat, menyimpang, dll.

Inilah namanya diskriminasi, dan membuat saya tersinggung dan kecewa pada para “pakar” medis dan sosial di Indonesia yang pernah menyebarkan diskriminasi ini. Kebanyakan orang gay dan lesbi di Indonesia itu orang baik dan berprestasi. Mereka berusaha untuk menjadi orang yang dihargai oleh masyarakat. Karena Indonesia negara mayoritas Muslim, jelas bahwa kebanyakan orang Indonesia yang gay and lesbi itu Muslim, dan mereka berusaha untuk cari jalan keluar sehingga merasa diterima oleh Tuhan dan masyarakat.

Masalah diskriminasi seperti ini dapat terjadi di mana-mana, bukan hanya di Indonesia saja. Di AS, sering kalau ada orang LGBT yang dihukum, dilaporkan di media massa seakan-akan semua orang LGBT cenderung jahat. Inilah membuat saya tersinggung, karena saya banyak teman-teman yang LGBT dan juga karena saya sendiri gay. Saya seorang gay yang mendapat S3 (Ph.D.) dari Stanford University dan sekarang professor di University of California. Saya juga orang homoseksual, di mana ada bukti saya cenderung berbuat jahat?



Sumber:
http://www.kabarinews.com/article.cfm?articleID=31922


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Rab Sep 14, 2011 7:39 pm 
Offline
Virgin & Newbie
Virgin & Newbie
Avatar user

Bergabung: Jum Jul 22, 2011 10:17 pm
Post: 27
Lokasi: Surabaya
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
Homofobia Sebagai Bentuk Homoseksualitas Laten
Sebuah Artikel dari Sartrefree-LGBT Indonesia’s Psychology Consultant


Selama bertahun-tahun, para aktivis kaum homoseksual menyerukan adanya keterkaitan antara sikap Homofobia terhadap Homoseksualitas laten (Davidson, Neale dan Kring, 2002). Menurut Carroll (2008) Homofobia secara sederhana dilihat sebagai ketakutan yang tidak rasional terhadap kaum homoseksual dan homoseksualitas.



Di Amerika Serikat, istilah Homofobia sangat populer digunakan dalam menggambarkan ketakutan masyarakat terhadap kaum homoseksual, terutama homoseksual pria yang dianggap berbahaya. Sementara itu, arti kata laten sendiri berarti sesuatu yang pada dasarnya ada, namun terpendam atau tersembunyi sehingga tidak tampak di permukaan (Chaplin, 1981). Pernyataan di atas menuding bahwa sikap Homofobia atau disebut juga Homofobik sebagai mekanisme pertahanan alam bawah sadar terhadap minat atau kecenderungan Homoseksual yang tidak disadari dari diri seseorang. Pandangan senada juga diungkapkan Asali (Gunawan, 2010) yang menyatakan bahwa laki-laki Homofobik sangat berpotensi menjadi laki-laki Homoseksual.


Para ilmuan psikoanalisa menaruh perhatian besar terhadap tudingan tersebut. Menurut West (Davidson et al., 2002) kenyataan bahwa kemungkinan laki-laki bersikap Homofobik demi pertahanan sisi Homoseksualitasnya telah menjadi hipotesis pandangan psikoanalisa selama bertahun-tahun. Maka dari itu, tidak mengherankan telah dilakukan berbagai macam penelitian yang diharapkan dapat mendukung ataupun justru menggagalkan hipotesis tersebut. Perspektif ilmu pengetahuan ilmiah berusaha melihat secara obyektif sehingga hasil yang didapat mampu dipertanggungjawabkan dari sisi ilmiah maupun etika.


Sebuah penelitian sedehana yang cerdas dilakukan oleh Adams Wright, dan Lohar (1996) menunjukkan adanya korelasi antara laki-laki Homofobik terhadap Homoseksualitas laten. Subyek penelitian merupakan mahasiswa pasca sarjana yang dibagi ke dalam 2 kelompok, yakni yang bersikap Homofobik dan yang tidak. Mereka kemudian diberikan video p0rno dengan tema Homoseksual laki-laki (gay), Heteroseksual dan Homoseksual wanita (lesbian). Metode pengukuran gariah seksual yang digunakan ada 2, yakni dengan alat Pletismograf dan penuturan atau pengakuan diri. Hasil pengukuran Pletismograf menunjukkan kedua kelompok terangsang oleh video Homoseksual wanita (lesbian) dan Heteroseksual. Fenomena umum yang terjadi di kalangan laki-laki Heteroseksual. Namun, ditemukan fakta menarik bahwa hanya kelompok laki-laki Homofobiklah yang terangsang dengan video Homoseksual pria. Namun tingkat keterangsangan mereka lebih rendah dibandingkan sewaktu menonton video Heteroseksual dan Homoseksual wanita.



Sementara itu, metode penuturan diri mengungkapkan kedua kedua kelompok, baik yang Homofobik maupun tidak menyatakan hal yang sama, yakni tidak terangsang dengan video Homoseksual pria.


Penelitian di atas menarik karena ternyata terdapat perbedaan antara hasil pengukuran Pletismograf dan penuturan diri. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat penyangkalan laki-laki Homofobik dalam mengakui bahwa mereka juga terangsang dalam kadar tertentu terhadap video p0rno bertema Homoseksual laki-laki. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat kemungkinan laki-laki Homofobik memiliki kecenderungan homoseksualitas laten atau terpendam.


Sumber:
Chaplin, J.P. (1981). Kamus Lengkap Psikologi. (K. Kartono. Terj). Jakarta: Rajawali Press.
Carrol, J. L. (2008). Sexuality Now: Embracing Diversity. usa: Wadsworth Cengage Learning.
Davidson, C, G., Neale, J,M., Kring, A, M. (2002). Psikologi abnormal (9-ed). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Gunawan, L. (2011). Gambaran Stress dan Coping Stress Pada Pria Homoseksual Etnis Minoritas. Suatu Kajian Deskriptif pada Etnis Tionghoa di Jakarta. Jakarta. Skripsi FP UAJ.
http://gayindonesia.org/


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Kam Sep 15, 2011 6:33 pm 
Offline
Senior Minister
<b>Senior Minister</b>
Avatar user

Bergabung: Sab Jul 16, 2011 11:30 pm
Post: 4255
Lokasi: Luxurious Red Roses Mansion of Golden Dragon
Has Liked: 2 times
Been Liked: 8 times
Deskripsi diri: Guess by yourself.
kalau dipost di k*s**s bisa dilempari bata deh ama member2 sana.
wkwkwkwkwkwk.

_________________
Gambar

Gambar Gambar Gambar


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Kam Sep 15, 2011 6:54 pm 
Offline
Executive Minister of Area and Counseling
<b>Executive Minister of Area and Counseling</b>
Avatar user

Bergabung: Jum Sep 02, 2011 10:37 am
Post: 7747
Lokasi: Surabaya, Indonesia
Has Liked: 21 times
Been Liked: 22 times
Deskripsi diri: Hopeless romantic and a cuddling addict.
hm..aku jadi penasaran nih...
member di sini tau ttg It Gets Better kan??
pernah gak member GIF bikin video ttg itu dengan identitas sebagai forum LGBT terkemuka di Indonesia??
penasaran aja...

kan bisa jadi obyekan, eh, projek besar tuh...

_________________
Visit me!
line: fred.jjang


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Kam Sep 15, 2011 7:07 pm 
Offline
Super Model
Super Model
Avatar user

Bergabung: Min Jul 17, 2011 11:40 am
Post: 892
Has Liked: 1 time
Been Liked: 5 times
Kim Liong menulis:
kalau dipost di k*s**s bisa dilempari bata deh ama member2 sana.
wkwkwkwkwkwk.

bukan cuma bata deh kayaknya bro,, kalo cuma murah tuh mobil2 bakal ikut melayang juga tuh dilempar....

_________________
To the world you may be one person, but to one person you may be the world.


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Kam Sep 15, 2011 7:09 pm 
Offline
Virgin & Newbie
Virgin & Newbie
Avatar user

Bergabung: Jum Jul 22, 2011 10:17 pm
Post: 27
Lokasi: Surabaya
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
Kutipan:
kalau dipost di k*s**s bisa dilempari bata deh ama member2 sana.
wkwkwkwkwkwk.


Gak perlu lah sampai di post di k*s**s hehehe...
bukan pengetahuan kita2 sendiri aja...

Kutipan:
hm..aku jadi penasaran nih...
member di sini tau ttg It Gets Better kan??
pernah gak member GIF bikin video ttg itu dengan identitas sebagai forum LGBT terkemuka di Indonesia??
penasaran aja...

kan bisa jadi obyekan, eh, projek besar tuh...


Aq tau tentang Organisasi itu, belum sempat bikin videonya sih tapi.
Kemarin aku baru aja bikin thread tentang organisasi sosial tersebut. Tapi saat ini ge di lock sementara ama Terry karena lagi di tinjau ama mereka.
Semoga aja keputusan akhirnya nanti mereka juga ikut mendukung "It Gets Better Project" :D


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Kam Sep 15, 2011 7:13 pm 
Offline
Virgin & Newbie
Virgin & Newbie
Avatar user

Bergabung: Jum Jul 22, 2011 10:17 pm
Post: 27
Lokasi: Surabaya
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
fizone menulis:
Kim Liong menulis:
kalau dipost di k*s**s bisa dilempari bata deh ama member2 sana.
wkwkwkwkwkwk.

bukan cuma bata deh kayaknya bro,, kalo cuma murah tuh mobil2 bakal ikut melayang juga tuh dilempar....



Ya sebuah artikel, sebuah berita dan sebuah penelitian kan bisa di lihat dari berbagai sudut pandang. Positif apa negatif, kita sendiri yang tentuin. Tapi yang jelas sebisa mungkin menilai secara Objective. Dengan Open Minded kita bisa melihat perbedaan dalam bentuk apa pun itu selalu saling melengkapi dan saling mendukung.


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Kam Sep 15, 2011 7:21 pm 
Offline
Executive Minister of Area and Counseling
<b>Executive Minister of Area and Counseling</b>
Avatar user

Bergabung: Jum Sep 02, 2011 10:37 am
Post: 7747
Lokasi: Surabaya, Indonesia
Has Liked: 21 times
Been Liked: 22 times
Deskripsi diri: Hopeless romantic and a cuddling addict.
hm...aku bantu dalam doa deh supaya segera disetujuin sama para petinggi...
hehe~

soalnya misalkan terwujud, pasti mbantu banget buat semua LGBT di Indonesia...
asal jangan di ban sama polisi n organisasi lain yg meng-atasnama-kan agama...

I support the project in Indonesia!
:D

_________________
Visit me!
line: fred.jjang


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Kam Sep 15, 2011 8:47 pm 
Offline
Virgin & Newbie
Virgin & Newbie
Avatar user

Bergabung: Jum Jul 22, 2011 10:17 pm
Post: 27
Lokasi: Surabaya
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
fred,jjang menulis:
hm...aku bantu dalam doa deh supaya segera disetujuin sama para petinggi...
hehe~

soalnya misalkan terwujud, pasti mbantu banget buat semua LGBT di Indonesia...
asal jangan di ban sama polisi n organisasi lain yg meng-atasnama-kan agama...

I support the project in Indonesia!
:D


Yap...
Makanya kita perlu mengedukasi mereka, tetapi terlebih dulu kita harus bisa mengedukasi kaum kita sendiri dulu.
Untuk merubah dunia, harus kita mulai dari diri kita dulu. Itu kata pepatah :D


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Kam Sep 15, 2011 9:02 pm 
Offline
Executive Minister of Area and Counseling
<b>Executive Minister of Area and Counseling</b>
Avatar user

Bergabung: Jum Sep 02, 2011 10:37 am
Post: 7747
Lokasi: Surabaya, Indonesia
Has Liked: 21 times
Been Liked: 22 times
Deskripsi diri: Hopeless romantic and a cuddling addict.
kalo gitu nanti apabila disetujui programnya segera di koordinir ya kk..
hehe~
I'll join it! :D

_________________
Visit me!
line: fred.jjang


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Jum Sep 16, 2011 11:51 am 
Offline
Virgin & Newbie
Virgin & Newbie
Avatar user

Bergabung: Jum Jul 22, 2011 10:17 pm
Post: 27
Lokasi: Surabaya
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
fred,jjang menulis:
kalo gitu nanti apabila disetujui programnya segera di koordinir ya kk..
hehe~
I'll join it! :D


Terry setuju untuk buka kembali thread yg aq buat ttg IT Gets Better.


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Jum Sep 16, 2011 10:14 pm 
Offline
Super Star
Super Star
Avatar user

Bergabung: Min Jul 17, 2011 5:38 pm
Post: 147
Has Liked: 1 time
Been Liked: 1 time
gw kepengen banget beli buku "Gay Archipelago" tp di kota gw gak ada


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Sab Sep 17, 2011 4:56 am 
Offline
Virgin & Newbie
Virgin & Newbie
Avatar user

Bergabung: Jum Jul 22, 2011 10:17 pm
Post: 27
Lokasi: Surabaya
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
dear99 menulis:
gw kepengen banget beli buku "Gay Archipelago" tp di kota gw gak ada



Aq secara pribadi juga belum pernah baca buku itu kok.
Coba nanti waktu ke bookstore aq coba cari buku tersebut, semoga saja ada.


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Sab Sep 17, 2011 6:52 am 
Offline
Executive Minister
<b>Executive Minister</b>
Avatar user

Bergabung: Sel Jul 19, 2011 7:37 pm
Post: 2127
Has Liked: 17 times
Been Liked: 26 times
Kim Liong menulis:
kalau dipost di k*s**s bisa dilempari bata deh ama member2 sana.
wkwkwkwkwkwk.


kalau dia baca, orang di sana banyak yg suka gak baca artikel main komen aja, paling2 dikomentarin pake emoticon maho. Tau sendiri di kaskus banyak bgt homoseksual laten yg sok2 homophobia. Tapi orang2nya kurang cerdas untuk baca tuh artikel :D

_________________
Gambar


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Sab Sep 17, 2011 9:00 am 
Offline
Virgin & Newbie
Virgin & Newbie

Bergabung: Min Agt 07, 2011 10:30 am
Post: 6
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
Hmm kultur di Indonesia belum bisa menerima LGBT.
Tekanan yang seperti disebutkan dalam tulisan yang pertama sangat jelas. Hal ini ga berkaitan dengan berbuat jahat atau tidak. Tapi masyarakat masih memikirkan pantas atau tidak. Pola pikir ini umum karena sudah terbentuk sejak awal di dalam keluarga, kecuali jika keluarga pada awalnya juga berasal dari LGBT.

Tp mungkin tidak hanya di Indonesia. Hal ini pasti jg dialami negara-negara yang sudah melegalkan pernikahan sejenis. Walaupun negara telah mengakui tetapi tekanan masyarakat pun masih ada :)


Atas
 Profil  
 
 Subjek post: Re: LGBT & Indonesia
PostDipost: Sab Sep 17, 2011 9:22 am 
Offline
Super Model
Super Model
Avatar user

Bergabung: Sen Jul 18, 2011 1:35 pm
Post: 758
Lokasi: in ur heart
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
sbnernya bkn kultur asli indonesia yg blm bisa nerima LGBT , tp pengaruh agama abrahamic yg bkin indonesia ga bisa nerima LGBT. kl dilihat lg catatan2 sejarah indonesia dr jaman sblm agama abrahamic masuk, udah ada praktik homoseksual baik di jawa ato luar jawa, contoh aja yg di madura ; carok. wkkwkwkw

sama kaya nasib native benua amerika, mreka di bantai sm pasukan spanyol slh 1 ny krn mrka jijik ngliad suku2 dsana(maya,aztec dll) mlakukan praktik an a l dimana bagi suku2 dsana homoseksual bknlah suatu dosa. berbeda pandanganny dgn keyakinan pasukan2 spanyol tsb.

_________________
Be careful of your thoughts, for your thoughts become your words.
Be careful of your words, for your words become your actions.
Be careful of your actions, for your actions become your habits.
Be careful of your habits, for your habits become your character.
Be careful of your character, for your character becomes your
destiny.


Atas
 Profil  
 
Tampilkan post-post sebelumnya:  Urutkan sesuai  
Postkan topik baru Balas ke topik  [ 16 post ] 

Waktu dalam UTC + 7 jam


Topik2 lain yg mirip di Gay Indonesia.net:
 Topik2   Pengarang   Balasan   Dilihat   Post terakhir 
Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. DIMANA KEADILAN INDONESIA BUAT PARA LGBT INDONESIA

keadilan

11

1063

Rab Apr 12, 2017 7:04 pm

mamanbored Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Suara Pelangi - the first LGBT Radio Station in Indonesia

Lev

15

1471

Sen Agt 06, 2012 10:01 pm

Li Lo Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. [VID] SACHA STEVENSON: LGBT di Indonesia (social experiment)

kumisgajah

10

978

Min Apr 03, 2016 1:53 pm

2chris Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. LGBT vs. Religion

[ Pergi ke halamanPergi ke halaman: 1, 2 ]

koinz

31

1832

Sab Sep 10, 2011 7:55 am

inner handsome Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. BOIKOT SEMUA TTG LGBT?

Excavatio

0

397

Sen Mei 06, 2019 5:23 pm

Excavatio Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. [ASK] Cari data ttg LGBT

kino

3

620

Sab Jun 07, 2014 6:34 am

safire Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. isu LGBT kembali menyerbak

samurai

8

833

Min Feb 28, 2016 4:10 pm

good.yyo Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. LGBT refugee in Canada

karedokdisko

0

335

Sel Okt 18, 2016 10:51 am

karedokdisko Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Uji Publik Komnas HAM Diwarnai Isu LGBT

toyo

3

588

Min Apr 29, 2012 11:03 am

inner handsome Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Forever alone? what to do?? [Masa tua sebagai LGBT]

[ Pergi ke halamanPergi ke halaman: 1, 2, 3, 4, 5 ]

koinz

82

6385

Min Okt 27, 2013 10:56 pm

inner handsome Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. bikin project bertema lgbt yok

mbuhbae

8

733

Kam Nov 30, 2017 2:44 am

1942 Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Number of Homeless LGBT Youth On the Rise

iwillbegood

13

1017

Kam Okt 23, 2014 9:32 am

Hikari Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Afrika Semakin Tidak Ramah Pada LGBT

toyo

2

642

Sab Des 03, 2011 12:12 pm

toyo Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Hillary Clinton - Pidato HAM untuk kaum LGBT

Matthew

2

663

Kam Apr 07, 2016 10:37 am

lalapo Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Kontribusi untuk para PLU/LGBT, dari UrbanRomantic

UrbanRomantic

5

659

Sel Jun 19, 2012 2:08 am

Kim Liong Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

 


Siapa yang online

user yang berada di forum ini: Tidak ada user yang terdaftar dan 11 tamu


gay LGBT & Indonesia Indonesia
gay Kontribusi untuk para PLU/LGBT, dari UrbanRomantic Indonesia
Anda tidak dapat membuat topik baru di forum ini
Anda tidak dapat membalas topik di forum ini
Anda tidak dapat mengubah post anda di forum ini
Anda tidak dapat menghapus post anda di forum ini

Lompat ke:  
cron


Gay Indonesia Forum is powered by phpBB® 2012 phpBB Group, Zend Guard V.5.5.0, and phpBB SEO