Gay Indonesia
http://gayindonesia.net
Tempat utk berbagi dan berdiskusi, persahabatan, teman dan cinta gay Indonesia



Sekarang ini Sen Jul 22, 2019 8:17 am

Waktu dalam UTC + 7 jam




Postkan topik baru Balas ke topik  [ 19 post ]  Pergi ke halaman 1, 2  Berikutnya
Pengarang Pesan
PostDipost: Sen Jul 18, 2011 10:32 pm 
Offline
Super Model
Super Model
Avatar user

Bergabung: Min Jul 17, 2011 1:17 pm
Post: 960
Lokasi: Yogya
Has Liked: 0 time
Been Liked: 21 times
Deskripsi diri: like to make a friendship with everyone
Minum air minimal delapan gelas sehari adalah nasihat yang sudah lama digaung-gaungkan. Kebiasaan ini diyakini dapat membantu mencegah kerusakan ginjal, menurunkan berat badan dan meningkatkan konsentrasi.

Tetapi sejumlah ahli kesehatan di Inggris baru-baru memeringatkan bahwa minum delapan gelas air sehari adalah pepatah keliru dan bahkan mungkin bisa membahayakan. Mereka bahkan berani menyatakan, klaim ilmiah di balik anjuran tersebut ini hanyalah "omong kosong".

Di Inggris, National Health Services (NHS) bersama dengan dokter terkemuka dan ahli gizi telah lama menyarankan masyarakat agar minum sekitar 1,2 liter air per hari untuk menjaga kesehatan.

Namun, sebuah laporan terbaru yang ditulis dalam British Medical Journal menjelaskan bahwa ancaman akan dehidrasi adalah suatu 'mitos' dan mengatakan sejauh ini tak ada bukti di balik klaim bahwa minum banyak air dapat mencegah beberapa masalah kesehatan.

Seorang dokter di Glasgow, Margaret McCartney, dalam jurnal itu mengatakan bahwa anjuran dalam website NHS agar minum enam sampai delapan gelas sehari tidak hanya sebuah omong kosong, tapi juga memalukan.

Dia menambahkan bahwa manfaat dari banyak minum air sering dibesar-besarkan dan ditumpangi kepentingan, misalnya dari perusahaan air dalam kemasan.
Dalam BMJ, Dr McCartney juga menekankan bahwa penelitian menunjukkan bahwa minum air ketika tidak merasa haus justru dapat mengganggu dan bukannya meningkatkan konsentrasi. Bukti-bukti lain juga menunjukkan bahwa zat kimia yang pembunuh kuman ditemukan dalam air kemasan bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Minum dalam jumlah yang berlebihan juga dapat menyebabkan kurang tidur karena seseorang harus bangun di malam hari untuk pergi ke toilet. Studi lain menunjukkan, bahkan dapat menyebabkan kerusakan ginjal, bukan mencegahnya.

Dr McCartney juga memperingatkan bahwa minum terlalu banyak air dapat menyebabkan kondisi yang jarang namun berpotensi fatal yang disebut hiponatremia. Kondisi ini yang membuat kadar garam dalam tubuh menurun dan dapat menyebabkan pembengkakan otak.

Pada tahun 2003, aktor Anthony Andrews jatuh sakit karena minum air terlalu banyak selama berlatih peran.

Dokter lain yang dikutip dalam artikel tersebut menambahkan, tidak ada dasar yang cukup untuk mengklaim bahwa air dapat membantu menurunkan berat badan dengan menekan nafsu makan.

Profesor Stanley Goldfarb, seorang ahli metabolisme dari University of Pennsylvania di AS, mengatakan: "Bukti saat ini menyatakan bahwa memang tidak ada bukti. Jika anak-anak minum lebih banyak air daripada mendapatkan kalori ekstra dari soda, itu bagus. Tetapi tidak ada bukti bahwa minum air sebelum makan mengurangi selera saat makan."

_________________
Gambar
The Truth of Life is Being What I Am To Be
Review Film Bertemakan Gay
A Story Without A Title☞Ch1.Kisah Klasik Utk Masa Depan
Love with Many Angle(Cinta Tak Bersegi)☞THE END
Homoseksual : Analisa Penyebab dg 4 Pendekatan (pg.3)


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Sen Jul 18, 2011 11:25 pm 
Offline
Celebrity
Celebrity
Avatar user

Bergabung: Min Jul 17, 2011 9:08 pm
Post: 1323
Lokasi: kelapa gading
Has Liked: 0 time
Been Liked: 1 time
sblumny salam kenal dolo. ^^
postny cukup mnarik. coz ini tntng sesuatu yg sngat sring kta lakukan. klo mnurut gw sndiri study ttg statement kek gini blom tentu bner seh(wlaupun dilakukan ahli sekalipun). dmn dlam pengujian trsebut sringny bnyak faktor2 eksternal, n pngaruh dri keadaan individuny. n utk statement mikroorgnisme brbahya di air kmasan sdah dluar konteks dri prmslahanny yaitu intensitas n kuatitas minum air. tpi smua ini ttp hrus dplajri lagi. thanx's for infony. ^-^

_________________
i say love it is a flower
and u it's only seed.....


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Sel Jul 19, 2011 8:32 am 
Offline
Super Star
Super Star
Avatar user

Bergabung: Min Jul 17, 2011 8:36 am
Post: 219
Lokasi: Jatinangor
Has Liked: 0 time
Been Liked: 1 time
wah beneran gan?... gk baek ya minum banyak2 air.... eh tunggu gw emang jarang minum sih hehehehe

nice share lanjut gan Gambar

_________________
GambarGambar


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Sel Jul 19, 2011 10:09 am 
Offline
Prime Minister
<b>Prime Minister</b>
Avatar user

Bergabung: Sab Jul 16, 2011 11:58 pm
Post: 6378
Has Liked: 614 times
Been Liked: 113 times
Deskripsi diri: ...Simple...
Betul banget.
Dikarenakan perbedaan usia, berat badan, dan sistem metabolisme, yang benar adalah melihat dari air seni.
Usahakan agar tetap jernih atau kuning jernih.
Jika kekurangan air dimana air menjadi kuning tua atau kuning keruh, dapat mengakibatkan kinerja ginjal berlebih, dan ini menimbulkan masalah lainnya.
Jika lama kelamaan seperti ini, dapat terjadi gagal ginjal.

Cheers,



Terry

_________________
Gambar
_________________


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Sel Jul 19, 2011 10:57 am 
Offline
Prime Minister
<b>Prime Minister</b>
Avatar user

Bergabung: Sab Jul 16, 2011 11:58 pm
Post: 6378
Has Liked: 614 times
Been Liked: 113 times
Deskripsi diri: ...Simple...
Anjuran Minum 8 Gelas Cocok Untuk Daerah Tropis

Sebuah laporan terbaru yang ditulis dalam British Medical Journal menjelaskan bahwa tidak ada bukti kalau minum banyak air dapat mencegah beberapa masalah kesehatan dan ancaman dehidrasi.

Bahkan sejumlah ahli kesehatan di Inggris berani mengklaim, anjuran minum delapan gelas air sehari sebagai pepatah yang keliru dan malah justru bisa membahayakan.

Menanggapi laporan itu, spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran Jakarta dr. Candra Wibowo, SpPD, menyatakan bahwa klaim tentang kebutuhan air memang bisa menjadi sangat relatif. Namun, menurut dia, anjuran minum air delapan gelas sehari (sekitar 1500-2000 cc) sudah tepat, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat khususnya di wilayah tropis seperti Indonesia.

"Kalau dikatakan mitos tidak juga. Anjuran minum delapan gelas sehari masih bisa diterima secara keilmiahan," ujarnya, saat ditemui di ruang praktiknya, Senin (18/7/2011).

Candra melihat, yang harus digarisbawahi terkait hasil penelitian tersebut adalah penelitian itu dilakukan di Eropa, bukan di daerah tropis. Seperti diketahui, secara cuaca di negara Eropa jauh lebih dingin dibandingkan Indonesia sehingga wajar jika penelitian tersebut mengklaim anjuran minum delapan gelas air sehari sebagai suatu yang keliru.

"Daerah Eropa mungkin berbeda dengan daerah tropis. Intinya, minum air itu secukupnya," ujarnya.
Lebih lanjut Candra memaparkan, pada dasarnya ginjal dalam setiap tubuh manusia mempunyai otoregulasi (pengaturan secara otomatis). Jadi, ketika kita haus, kekurangan air, badan akan memberikan feedback negatif ke otak sehingga mendorong kita untuk minum.

Begitu pula sebaliknya, kalau kita cukup cairan di dalam badan, kita tidak akan merasa haus. Bahkan, secara otomatis ginjal akan mengeluarkan kelebihan air dalam tubuh melalui urine.

Secara tidak disadari, setiap saat manusia akan kehilangan cairan karena evaporasi (penguapan). Evaporasi, kata Candra, bisa terjadi ketika orang bernapas, bicara, berkeringat, berkemih (kencing), dan buang air besar sehingga dibutuhkan cairan yang masuk tubuh untuk menggantikannya.
Dia menambahkan, adalah sesuatu yang sangat sederhana untuk mengukur dan mengetahui apakah seseorang sudah cukup atau tidak mengonsumsi air per harinya.

"Parameternya, kita lihat saja air seninya. Kalau warnanya sudah seperti teh (kuning keruh) kita kurang cairan. Tapi kalau sudah kuning bening, sudah cukup. Enggak perlu minum terlalu banyak," ujarnya.

Kebutuhan cairan setiap orang umumnya berbeda-beda. Menurut Candra, berdasarkan usia, seorang anak membutuhkan lebih banyak cairan dibandingkan orang dewasa dan orangtua. Pada anak-anak kebutuhan air 20-25 cc per kg berat badan per hari, dewasa 15 cc per kg berat badan per hari, sedangkan orang tua 10 cc per kg berat badan per hari.

Candra juga memperingatkan supaya tidak mengonsumsi air minum dalam jumlah yang berlebih. Pasalnya, minum air yang berlebihan bukan membuat ginjal Anda sehat, justru malah akan membuat kerja ginjal menjadi berat.

Dalam beberapa penelitian, Candra mengemukakan, kalau kita minum lebih dari 2.810 cc air per hari, dalam konsumsi yang terus-menerus pada akhirnya akan merusak dan menurunkan fungsi ginjal.

"Saya setuju mitos yang mengatakan minum air banyak tidak menyehatkan. Saya selalu mengatakan ke pasien saya, minum banyak itu bisa menurunkan fungsi ginjal karena filtrasinya semakin sering," ujarnya.

Salah satu akibat kelebihan asupan air dalam tubuh di antaranya bisa membuat seseorang menjadi tidak sadar karena pembengkakan otak. Hal ini, menurut dia, disebabkan kandungan natrium dalam darah berkurang lantaran lebih banyak air (homeostasis). Namun, hal ini hanya terjadi pada orang-orang yang psikogenik atau mempunyai kelainan ginjal.

"Jadi kalau terlalu banyak minum juga tidak baik. Pada prinsipnya kita tidak boleh makan dan minum yang berlebih. Karena segala sesuatu yang lebih pasti tidak baik," ujarnya.

_________________
Gambar
_________________


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Sel Jul 19, 2011 11:38 am 
Offline
Virgin & Newbie
Virgin & Newbie
Avatar user

Bergabung: Sen Jul 18, 2011 2:11 pm
Post: 24
Lokasi: tgr.city
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
Terry Sie menulis:
Betul banget.
Dikarenakan perbedaan usia, berat badan, dan sistem metabolisme, yang benar adalah melihat dari air seni.
Usahakan agar tetap jernih atau kuning jernih.
Jika kekurangan air dimana air menjadi kuning tua atau kuning keruh, dapat mengakibatkan kinerja ginjal berlebih, dan ini menimbulkan masalah lainnya.
Jika lama kelamaan seperti ini, dapat terjadi gagal ginjal.

Cheers,



Terry


kayanya ini deh yg paling bener ...
yg jelas kalo haus ya harus minum air ... hehehe

_________________
Life without love is like a tree without blossoms or fruit.
Khalil Gibran


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Sel Jul 19, 2011 9:17 pm 
Offline
Executive Minister
<b>Executive Minister</b>
Avatar user

Bergabung: Sel Jul 19, 2011 7:37 pm
Post: 2127
Has Liked: 17 times
Been Liked: 26 times
waduh kalau kayak gw yg seneng bgt minum gmn dong :(

_________________
Gambar


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Sel Jul 19, 2011 9:46 pm 
Offline
Contributor
<b>Contributor</b>
Avatar user

Bergabung: Sab Jul 16, 2011 10:15 pm
Post: 1317
Lokasi: Bekasi - Bandung
Has Liked: 1 time
Been Liked: 18 times
Gw sih yang di jadikan acuan ketika gw kekurangan air minum atau nggak adalah warna urine dan kulit, klo kulit kusam berarti gw kurang minum... soalnya kalo kebanyakan minum keringat yang keluar juga makin banyak...

_________________
Gambar


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Rab Jul 20, 2011 3:56 pm 
Offline
Super Star
Super Star

Bergabung: Min Jul 17, 2011 2:57 pm
Post: 202
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
Kalau minumnya langsung 8 gelas sih jelas ga baik
Tar muntah2 plus kembung
Hihihi


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Sab Jul 23, 2011 9:01 pm 
Offline
Virgin & Newbie
Virgin & Newbie
Avatar user

Bergabung: Sab Jul 23, 2011 8:02 pm
Post: 8
Has Liked: 1 time
Been Liked: 1 time
hmm sebnarnya gak perlu takut dengan kebanyakanminum air,..
Satu yg pernah dibilang dosen gw: OUR KIDNEY IS THE BEST ALCHEMIST IN THE UNIVERSE,..
Kalau ada yg kurang,.. ginjal akan menyimpannya spy bertambah
kalau ada yg lebih,.. ginjal akan membuangnya supaa tetap seimbang,..
Apalagi komplikasi kyk hiponatremi krn kebanyakan minum,. perubahan ambang elektrolit dlm tubuh akan lgsg direspoms ginjal,.. jadi gak musah takut hiponatremi segala,..
WARNING!! Buat para penderita gagal jantung kongestif: minum air dalam jumlah yang banayak bisa mencetuskan perburukamn gejala (decomp),.. ask ur doctor how much to drink in this case,..


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Min Jul 24, 2011 10:24 pm 
Offline
Cute n Handsome
Cute n Handsome
Avatar user

Bergabung: Min Jul 17, 2011 9:35 am
Post: 3265
Lokasi: Nusantara Archipelago~Danau Purba Tanpa Air
Has Liked: 6 times
Been Liked: 14 times
mero setuju kalo semua berlebihan sangat potensial menjadi gag baik.
tapi artikel di atas juga bukan pembenaran buat kurang minum kan
Gambar
apalagi yang doyan minuman 'moderen'->soda, rasa-rasa, apapun deh yang buatan.....
kalo air putih kan setidaknya bisa bantu detoks...
oiyak,selain kekeruhan air seni, bibir kering juga indikator tahap akhir kalo kita kekurangan air kan?

_________________
DESIRE can't be HEALED
but IT can be CONTROLLED.
a.n.

If an honorable man learns knowledge, he becomes humble.
When an ignoble person gains knowledge, he becomes vain, proud & opinionated.

AbuBakr


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Min Jul 31, 2011 4:21 pm 
Offline
Virgin & Newbie
Virgin & Newbie

Bergabung: Sab Jul 30, 2011 9:45 pm
Post: 13
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
nice share gan..,,,
emm.. bener tuh yg dikatakn saudara kita terdahulu. banyak faktor X yang musti diperjelas dalam kasus ini.
Soalnya dr pengalaman pribadi anne justru ngerasa seger kalau banyak minum. kalau terlalu kurang minum pasti berujung pada sakit tenggorokan dan berujung pada melemahnya daya tahan tubuh.
salam, :D


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Min Jul 31, 2011 5:10 pm 
Offline
Super Star
Super Star
Avatar user

Bergabung: Sab Jul 30, 2011 5:21 pm
Post: 295
Lokasi: Jakarta Utara
Has Liked: 0 time
Been Liked: 2 times
@ Ancien & Terry
Nice share

_________________
We only have one life to live..
Pursue your desire and happiness =)


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Kam Agt 04, 2011 12:53 pm 
Offline
Celebrity
Celebrity

Bergabung: Sab Jul 16, 2011 11:19 pm
Post: 2089
Lokasi: -[ Estern ]-
Has Liked: 0 time
Been Liked: 2 times
knp ngak bum aik sih? katganyA banyak min


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Kam Agt 04, 2011 9:25 pm 
Offline
Celebrity
Celebrity
Avatar user

Bergabung: Sab Jul 16, 2011 10:47 pm
Post: 1215
Has Liked: 0 time
Been Liked: 9 times
yg jelas kalo abis makan langsung minum 8 gelas air pasti bikin kembung

_________________
GambarGambarGambar


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Min Agt 07, 2011 11:12 pm 
Offline
Virgin & Newbie
Virgin & Newbie

Bergabung: Kam Jul 28, 2011 10:37 pm
Post: 9
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
Yg jelas kbtuhan cairan rata2 mnusia itu 1600 an ml perhari
itu sma aja 8 gelas belimbing
tentu itu jd tkaran normal untk intensitas mnum kita
8 glas itu perhari,bukan perkali minum.
Dya tmpung vesica urinaria (kndung kemih) itu kan 600ml.jdi max minum perkali itu 3 gelas (klo haus bgt) dan baru minum lg klo udah berkemih (kencing)
bisa byangin kan klo 8 gelas itu perkali,bisa jebol kndung kmih qta.wkwk


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Sab Agt 20, 2011 9:32 am 
Offline
Super Star
Super Star
Avatar user

Bergabung: Sen Jul 25, 2011 5:33 am
Post: 227
Has Liked: 1 time
Been Liked: 0 time
tapi gw pernah baca ada terapi air putih yg sekaligus langsung minum 1,5 liter.. gw sih pernah ngelakuinnya..

ini bener apa kaga sih? gw takutnya kenapa2 lagi

_________________
Gambar
Hachiman x Yukino for laif


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Sab Agt 27, 2011 12:26 pm 
Offline
Super Star
Super Star
Avatar user

Bergabung: Rab Agt 10, 2011 10:13 pm
Post: 243
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
yah, asal jgn satu galon aja minumnya lgsg... baru kmrn dapet kuliah toksikologi c... hahaha... yg ptg secukupnya.. tiap org thu punya metabolisme yg beda2.. ga bisa disama ratain disuruh minum 8 gelas semua per hari... sama aj kyk obat.. sbnrnya tiap org dosisnya thu beda2.. cuma buat simple produksi masalnya, maka utk obat2an dgn indeks terapi yg besar dan tidak menimbulkan toksisitas (efek yg merugikan), maka ga mslh...

_________________
Aku hidup untuk mati.. Tetapi bukan berarti aku harus buru-buru.. Oleh karena itu, aku bersyukur atas kesempatan untuk hidup ini.. Berkali-kali kucoba untuk mati pun tidak perlu.. Karena walaupun aku sendirian, alam pun akan selalu ada di sisiku dan menyegarkan hatiku yang rapuh..


Atas
 Profil  
 
Tampilkan post-post sebelumnya:  Urutkan sesuai  
Postkan topik baru Balas ke topik  [ 19 post ]  Pergi ke halaman 1, 2  Berikutnya

Waktu dalam UTC + 7 jam


Topik2 lain yg mirip di Gay Indonesia.net:
 Topik2   Pengarang   Balasan   Dilihat   Post terakhir 
Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Minum alkohol baik untuk ingatan...

[ Pergi ke halamanPergi ke halaman: 1, 2 ]

Infark_Miokardium

18

1570

Rab Jul 05, 2017 2:00 am

endermite Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. minum sperma ada manfaatnya?

[ Pergi ke halamanPergi ke halaman: 1, 2 ]

rio.mario

29

13848

Kam Jul 28, 2016 5:35 am

Frog92 Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. mitos minum air seni

narabi87

4

1388

Jum Sep 16, 2011 11:31 am

Nael Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Keuntung dan Keruginya Minum Es Teh

Shinclar Tamam

6

795

Min Apr 01, 2012 3:25 am

Shinclar Tamam Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Waspadai, Minum Air Saat Makan

Terry Sie

17

1325

Jum Mar 15, 2013 11:24 am

12BETsports Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Hindari Minum Pakai Sedotan!

Ancien

12

1330

Kam Nov 22, 2012 12:39 pm

jack123 Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Khasiat Minum Menelan Sperma

[ Pergi ke halamanPergi ke halaman: 1, 2, 3, 4 ]

pendaftaran

70

77929

Rab Jul 03, 2013 9:51 pm

Dark Ard Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Topik ini dikunci, anda tidak dapat megubah post atau membuat balasan. Jangan Minum Air Putih Sambil Berdiri

[ Pergi ke halamanPergi ke halaman: 1, 2 ]

adityo

19

1612

Rab Sep 28, 2011 5:58 pm

Terry Sie Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Minum Air Es Usai Olahraga Bikin Jantungan?

Terry Sie

3

628

Min Mar 17, 2013 7:20 pm

Lev Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Olahraga, Baik untuk Otot dan Otak

Terry Sie

0

502

Sel Mar 25, 2014 3:07 pm

Terry Sie Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Kebiasaan Buruk Yang Baik Untuk Kesehatan

[ Pergi ke halamanPergi ke halaman: 1, 2 ]

kucing_hitam

18

1294

Sel Mar 05, 2013 11:13 pm

kucing_hitam Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Permen & Coklat Tidak Bikin Gemuk ???

Ancien

2

580

Min Okt 02, 2011 11:07 pm

lette12 Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Diet Dengan Merokok <Tidak Dianjurkan>

Ancien

6

715

Rab Jan 11, 2012 8:29 am

anonymbuzz Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Telur Tidak Perlu Disimpan di Kulkas

Terry Sie

4

575

Min Mar 03, 2013 12:00 pm

kaze Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. tidak mengalami ereksi di pagi hari

[ Pergi ke halamanPergi ke halaman: 1, 2 ]

alexander Lim

23

2264

Jum Feb 22, 2013 9:53 am

kucing_hitam Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

 


Siapa yang online

user yang berada di forum ini: Tidak ada user yang terdaftar dan 6 tamu


gay Minum Air 8 Gelas Tidak Baik ???? Indonesia
gay tidak mengalami ereksi di pagi hari Indonesia
Anda tidak dapat membuat topik baru di forum ini
Anda tidak dapat membalas topik di forum ini
Anda tidak dapat mengubah post anda di forum ini
Anda tidak dapat menghapus post anda di forum ini

Lompat ke:  
cron


Gay Indonesia Forum is powered by phpBB® 2012 phpBB Group, Zend Guard V.5.5.0, and phpBB SEO